Wisata Edukasi

Pada hari Kamis, tanggal 19 Oktober 2017 siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta mengadakan wisata edukasi ke PUSPIPTEK Serpong dan TMII. Pertama-tama kami melaksanakan apel pembukaan terlebih dahulu. Saat apel pembukaan, kami baris sesuai kelas masing-masing, berdo’a bersama serta mendapatkan pengarahan untuk kegiatan nanti. Setelah selesai do’a bersama kami segera pergi ke bus dan melakukan perjalanan menuju PUSPIPTEK Serpong.

Perjalanan menuju PUSPIPTEK Serpong lumayan jauh, waktu yang dibutuhkan dari sekolah ke PUSPIPTEK kurang lebih 2 jam. Saat di bus suasananya sangat menyenangkan, ada yang main HP, ada yang mondar-mandir minta-minta makanan, ada yang bermain werewolf, DLL. Di bus juga diberikan snack untuk sarapan.

Sesampainya disana, kami langsung diberikan pengarahan untuk menuju ke auditorium. Disananya kami disambut oleh para pengurus PUSPIPTEK Serpong. Kita diberikan pengarahan tentang hal-hal menarik yang ada di PUSPIPTEK Serpong tersebut. Disana juga diberikan sesi tanya jawab bagi kami yang ingin bertanya.

Setelah selesai pengarahan, kami segera kembali ke bus dan menggunakan jas lab masing-masing untuk melanjutkan perjalanan ke lab yang akan dituju. Pada saat itu kelas kami (7B) kebagian melaksanakan kunjungan ke lab kimia. Perjalanan dari auditorium menuju lab kimia memakan waktu selama kurang lebih 5 menit.

Sesampainya di lab kimia, kami pun segera berkumpul dan akan dibagi lagi menjadi 2 kelompok karena takut ruangannya tidak muat. Lalu, disana kami juga mengisi tugas laporan edukasi untuk mendapatkan nilai dari guru. Disana kami juga diberitahu tentang alat-alat keren yang berada di lab kimia tersebut, kami juga diberitahu fungsi dari alat-alat tersebut. Kami juga diberikan jawaban atas pertanyaan di LKS yang harus kami isi.

Setelah itu, kami segera berkumpul di depan lab kimia tersebut untuk melakukan foto tersebut walaupun ada beberapa orang yang sudah masuk ke dalam bus terlebih dahulu. Setelah foto, kami segera masuk ke dalam bus dan disana kami mendapatkan makan siang KFC. Sebelum makan kami merapikan jas lab dan ganti baju terlebih dahulu. Saat makan, ada yang nasinya jatuh berantakan dan ada juga yng makanannya tidak habis.

Setelah makan, kami kembali bermain werewolf sambil menunggu sampai ke tujuan, yaitu TMII. Perjalanan dari PUSPIPTEK Serpong menuju TMII kurang lebih 2 jam kurang, karena keadaan jalan tolnya yang tidak terlalu ramai. Selama perjalanan menuju TMII kami menemukan hewan seperti ngengat di dalam bus dan dijadikan mainan untuk nakutin yang perempuan oleh beberapa orang. Dan beberapa menit kemudian, hewan tersebut tersebut terlempar dan hilang entah kemana.

Sesampainya di TMII, kami segera melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di Masjid Diponegoro terlebih dahulu karena sudah masuk waktu shalat dzuhur. Setelah selesai shalat kami segera kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan ke Sky World TMII. Sesampainya di Sky World, kami masuk ke dalam auditorium Sky World tersebut. Disana kami menonton video yang berdurasi sekitar 40 menit. Pada video tersebut dijelaskan tentang planet, benda luar angkasa, DLL.

Setelah menonton video tersebut, kami segera keluar ruangan dan menuju ke planetarium. Di planetarium kita dibantu oleh pemandunya untuk melihat-lihat dan disana kita banyak sekali mendapatkan ilmu baru tentang luar angkasa seperti diameter planet, penemu roket, para ilmuan angkasa, DLL. Pada saat itulah, kami mulai mengerjakan LKS tersebut.

Setelah selesai mencatat dan melihat-lihat kami pun segera turun ke bawah untuk mengantri masuk ke ruang 5 dimensi. Disana kita diperbolehkan untuk duduk supaya tidak lelah karena antrian yang sangat panjang dan ramai. Sambil menunggu dipanggilnya kelompok kami untuk menonton, saya bermain tepok-tepokan dulu bersama teman-teman.

Begitu tiba waktunya kelompok kami dipilih, kami pun segera berdiri dan berjalan ke ruangan 5 dimensi tersebut. Sebelum masuk ruangan, kami juga mengambil kacamatanya terlebih dahulu. Film yang kami tonton adalah film tentang roller coaster, film tersebut sangat seru. Pada saat pemutaran film dimulai di ruangan kami banyak yang teriak-teriak, akhirnya saya pun juga ikutan teriak-teriak supaya suasananya tambah ramai.

Setelah bermain wahana 5 dimensi, kami segera memakan pizza yang diberikan oleh guru-guru. Sebagian dari kami juga ada yang membeli pop mie dan minuman lain setelah makan pizza, termasuk saya. Tadinya, kami ingin pergi ke museum air tawar. Namun, karena hujan yang deras acara tersebut diganti dengan pergi ke planetarium. Dan pada saat itulah, makan pop mie panas dapat memperhangat suasana.

Setelah makan, kami segera pergi ke ruangan yang seperti bioskop. Disana kami menonton film luar angkasa yang menjelaskan tentang planet-planet, rasi bintang, zodiak, DLL. Setelah selesai nonton, kami naik ke bus bergiliran dari kelas 7A hingga 7F. Lalu, kami berhenti di Masjid Diponegoro untuk menjalankan shalat ashar dan maghrib berjamaah.

Setelah selesai shalat, kami kembali ke bus sambil hujan-hujanan. Kemudian, kami pun melakukan perjalanan pulang ke Labschool. Saat di bus ada yang bermain games di HP, ada yang nyanyi-nyanyi, DLL. Saat sudah dekat dengan Labschool Pak Kasdi bernyanyi lagu campursari di depan bus. Lalu, sesampainya di Labschool kami segera menemui penjemput masing-masing dan pulang ke rumah masing-masing.